• Juni 1, 2024
Apple dan OpenAI

Apple Sudah Deal dengan OpenAI, Bikin Microsoft Ketar-ketir

Apple kabarnya sudah meraih kesepakatan dengan OpenAI untuk menyematkan teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif di iPhone. Kerjasama ini disebut memicu Microsoft khawatir.

Kesepakatan pada Apple dan OpenAI dilaporkan oleh The Information yang mengutip sumber yang berbicara dengan CEO OpenAI Sam Altman. Apple pada mulanya sebenarnya dikabarkan sedang mendekati OpenAI dan Google untuk mentenagai fitur AI di software-nya.

“Kini, (Altman) sudah memenuhi impiannya dengan meraih kesepakatan dengan Apple untuk mengfungsikan kecerdasan buatan OpenAI di produknya, yang mampu berharga miliaran dolar untuk startup tersebut terkecuali seluruhnya berjalan lancar,” kata sumber The Information, layaknya dikutip berasal dari Ars Technica, Jumat (31/5/2024).

Baca juga:

Mission Impossible Olympiakos: Peluang Juara 0,1%, Malah Berjaya

Kapan GTA 6 Dirilis? Take-Two Interactive Akhirnya Buka Mulut

Namun kolaborasi Apple dengan OpenAI sempat dikritik oleh pihak internal Apple. Senior Vice President of Machine Learning and AI Strategy Apple John Giannandrea kabarnya pernah menentang Kedatangan chatbot yang ditenagai large language tipe atau sejenisnya di software atau produk Apple.

Beberapa pas yang lalu, Giannandrea kabarnya pernah berujar kepada karyawan Apple bahwa hal paling akhir yang diperlukan pengguna adalah chatbot AI lain, kala keliru satu karyawan Apple bertanya kepadanya apakah perusahaan memiliki rencana memicu sesuatu layaknya itu.

Meski sempat ditentang, diskusi pada Apple dan OpenAI selamanya berjalan. Karyawan Apple berasal dari tim machine learning pernah bertemu dengan Altman dan karyawan OpenAI lainnya terhadap pertengahan 2023. Isi percakapan ini tidak banyak diketahui, tetapi ke dua perusahaan setuju untuk mengizinkan karyawan Apple terhubung API OpenAI untuk uji coba internal.

“Dalam uji coba tersebut, engineer Apple menghubungkan ChatGPT ke Siri, menciptakan demonstrasi yang mengesankan tentang Siri yang menanggulangi pertanyaan lebih rumit berasal dari biasanya, juga mengerti konteks berasal dari apa yang dikatakan pengguna dengan lebih baik,” kata laporan tersebut.

Rencana kolaborasi Apple dan OpenAI juga sempat memicu Microsoft ketar-ketir. CEO Microsoft Satya Nadella kabarnya mencemaskan efek kerjasama ini dengan hubungan pada Microsoft dengan OpenAI.

Tahun lantas Microsoft menyuntikkan dana sebesar USD 13 miliar untuk OpenAI. Lewat kemitraan ini, Microsoft mampu mengfungsikan teknologi OpenAI untuk mentenagai Copilot, namun OpenAI mampu mengfungsikan pusat knowledge Microsoft untuk mentenagai ChatGPT.