• Desember 4, 2023
pengembang game

Developer Game dengan Karya yang Bikin Masa Kecil Kamu Bahagia

Kamu sebagai penikmat game tentu harus banyak berterima kasih dengan para pengembang atau developer game dalam menciptakan gamegame yang bisa dimainkan. Di mana, banyak developer game yang menciptakan karya-karya besar untuk dinikmati semua orang, salah satunya menemani kamu dalam tumbuh dewasa.

Karya-karya besar berupa game tersebut seolah link sbobet menemani masa kecil kamu sehingga terasa lebih bahagia khususnya dalam bermain game. Nah, sebagai bentuk rasa terima kasih, paling tidak kamu bisa mengetahui para developer game mana saja yang menciptakan karya-karya terbaik dan dinikmati banyak orang melalui penjelasan berikut ini.

Konami

Nama Konami pasti sering kamu lihat saat opening game sport seperti Pro Evolution Soccer atau PES. Perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun, tepatnya sejak 21 maret 1969 ini berhasil berkontribusi banyak dalam menghasilkan gamegame berkualitas. Perusahaan ini dikabarkan memiliki pendapatan mencapai 2,3 miliar USD atau setara Rp33 triliun pada 2019 lalu.

Di mana, pendapatan tersebut naik 9,6 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Konami memiliki beberapa kantor cabang di beberapa negara selain Jepang, yaitu Amerika, Australia, Eropa, hingga Tiongkok.

Electronic Arts

Pengembang game berikutnya adalah Electronic Arts atau EA yang memiliki kekayaan mencapai 11 miliar USD atau setara Rp150 triliun. Ada banyak gamegame buatan EA yang laku di pasaran seperti Battlefield, Command & Conquer, Dead Space, Medal of Honor, dan Need for Speed. Salah satu game milik EA yang bersaing dengan game PES milik Konami yaitu FIFA. Selain itu, EA juga menjadi distributor bagi banyak game milik mereka yang merupakan buatan developer lain.

Capcom

Selanjutnya ada nama Capcom yang menjadi salah satu perusahaan game terbesar dengan karya-karya terkenal dan menjadi waralaba termahal. Gamegame seperti Dead Rising, Devil May Cry, Mega Man, Sengoku Basara, Onimusha, Resident Evil, dan Street Fighter menjadi beberapa game milik Capcom yang paling laris di pasaran. Walaupun di tahun 2019 dan 2020 pendapatan game mengalami penurunan, namun Capcom masih menjadi salah perusahaan game dengan karya terbaik di dunia.

Gameloft

Developer game asal Prancis dengan kantor pusat yang ada di Paris ini fokus menciptakan banyak karya khususnya mobile games seperti Dungeon Hunter,Asphalt, Gangstar, GT Racing, Earthworm Jim, Midnight Bowling, dan Wild West Gun. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2000 ini memang memiliki pangsa pasar mobile games paling besar di dunia.

Sony Interactive Entertainment

Tidak hanya sebagai perusahaan yang menciptakan konsol game PlayStation saja, namun perusahaan ini juga menciptakan beberapa game besar seperti God of War, Gran Turismo, Nioh, Shadow of the Colossus, dan The Last of Us. SIE juga melakukan akuisisi pada developer Naughty Dog di tahun 2001. Untuk urusan pendapatan, tentu SIE menghasilkan banyak pundi terutama setelah merilis konsol terbaru mereka yaitu PlayStation 5 yang sudah terjual hingga 2,5 juta unit di seluruh dunia.

Nintendo

Salah satu perusahaan game yang melegenda dan masih aktif hingga sekarang dalam menciptakan konsol game maupun gamegame yaitu Nintendo. Perusahaan yang didirikan sejak 1889 di Kyoto, Jepang ini sudah banyak merilis gamegame legenda yang dimainkan hampir semua orang terutama pada masa kecil mereka.

Baca Juga : Tarkam Kemenpora Digelar di Musi Banyuasin, Terinspirasi dari Megawati

Mulai dari Mario Bros., Donkey Kong, The Legend of Zelda, dan Animal Crossing merupakan gamegame yang paling banyak dimainkan. Untuk konsol yang mereka miliki seperti Nintendo Entertainment System atau (NES), Nintendo Wii, Nintendo Wii U, hingga Nintendo Switch yang masih dimainkan sampai sekarang. Kapitalisasi pasar milik Nintendo sudah mencapai angka 49 miliar USD atau setara Rp720 triliun di seluruh dunia.

Activision

Crash Bandicoot, Call of Duty, Guitar Hero, Warcraft, Tony Hawk’s, dan Diablo merupakan beberapa judul game yang diciptakan oleh Activision, sebuah perusahaan game asal Amerika Serikat. Activision juga menjadi salah satu produsen game terbesar dengan karya-karya hebat yang sudah disebutkan sebelumnya. Walaupun perusahaan ini harus gigit jari karena masa pandemi, namun mereka masih bisa meraih pendapatan hingga 7 miliar USD atau setara Rp100 triliun pada tahun 2020 lalu.

Epic Games

Pengembang game berikutnya yang tidak kalah hebat dalam menciptakan game adalah Epic Games. Perusahaan ini didirikan pada 1991 di Amerika Serikat dengan salah satu karyanya berjudul Gears of War di konsol Xbox dan PC. Tercatat pendapatan yang dilaporkan oleh perusahaan di tahun 2019 lalu mencapai 4,2 miliar USD atau setara 60 triliun.

Square Enix

Selanjutnya ada nama Square Enix yang merupakan pengembang asal Jepang dengan gamegame hebat yang diciptakan seperti Final Fantasy, Kingdom Hearts, Dragon Quest, dan Xenogears. Final Fantasy sendiri menjadi salah satu game paling digemari dengan penjualan mencapai 144 juta kopi di semua platform game. Tidak heran jika perusahaan ini menjadi salah satu developer game terbaik di dunia.

Itu dia beberapa developer game yang cukup berjasa bagi kamu dalam menciptakan gamegame hebat dan terbaik di dunia. Apalagi perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat karya-karya game dari mereka semakin seru dan keren ketika dimainkan.

Game memang menjadi salah satu hiburan yang bisa kamu nikmati melalui beberapa media, salah satunya smartphone. Ada banyak gamegame smartphone atau mobile gamess yang bisa dimainkan terutama secara online. Oleh karena itu, untuk mendukung performa game saat memainkannya di smartphone, kamu bisa memilih jenis smartphone dengan spesifikasi mumpuni.