• Januari 24, 2024
Galaxy S23

Fitur Galaxy AI Akan Hadir di Ponsel dan Tablet Lawas Samsung, Ini Daftarnya

Samsung Galaxy S24 series resmi debut international terhadap 17 Januari selanjutnya bersama dengan sederet fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau disebut Galaxy AI. Meski ada perdana untuk flagship baru tersebut, Galaxy AI juga dapat segera ada untuk perangkat Samsung lain, termasuk smartphone dan tablet lawas Samsung.

Bebrapa tipe yang dapat kebagian Galaxy AI pada lain Galaxy S23 series juga S23 FE sampai ponsel lipat Galaxy Z Fold 5 yang terkenal nyaman di saaat digunakan untuk bermain di situs slot thailand. Tablet terbaru Samsung, Galaxy Tab S9 juga dapat kebagian Galaxy AI. Berikut daftar lengkapnya:

  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Flip 5
  • Galaxy Z Fold 5
  • Galaxy Tab S9

Sederet perangkat itu dapat mendapat fitur Galaxy AI lewat pembaruan software, lebih kurang terhadap paruh pertama tahun ini. Namun, jadwal rincinya masih belum terungkap. Kemungkinan fitur itu ada lewat pembaruan One UI 6.1.

Adapun Galaxy S22 series yang rilis tahun 2022 tidak kebagian fitur yang sama. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Head of Customer Experience Samsung, Patrick Chomet yang memperlihatkan bahwa tidak ada perangkat rilisan tahun 2022 yang dapat kebagian Galaxy AI, setidaknya untuk waktu ini.

Alasannya adalah sebab Samsung mengidamkan “menjaga mutu dan kinerja fitur yang dikembangkan”.

“Lalu kita dapat mempelajari bagaimana orang memakainya (fitur) dan sesuaikan kinerjanya,” kata Chomet kepada TechRadar.

Untuk waktu ini, Galaxy AI ada gratis sampai akhir tahun 2025. Selanjutnya, pengguna mesti berlangganan jikalau mengidamkan Mengenakan fitur berbasis AI ini seterusnya. Namun mekanisme dan juga harga langganannya belum dibeberkan Samsung, dilansir Android Authority, Rabu (24/1/2024).

Fitur Galaxy AI

Samsung belum memastikan apakah semua fitur Galaxy AI di Samsung S24 juga dapat ada di deretan smartphone lawas tadi. Sebagai gambaran, berikut fitur Galaxy AI yang telah ada di seri Galaxy S24.

Live Translate

Live Translate berfaedah sebagai penerjemah nada dan teks dua arah yang berfaedah secara real-time terhadap panggilan telepon konvensional.

Fitur ini berfaedah saat pengguna sedang teleponan bersama dengan teman orang asing. Skenario lain, fitur Live Translate bisa digunakan untuk memesan makanan sampai memicu reservasi restoran di luar negeri.

Sebagai on-device Galaxy AI, fitur ini terimplementasi secara segera di dalam telepon. Dengan begitu, pengguna tak mesti mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya. Fitur ini juga diklaim senantiasa merawat pembicaraan senantiasa aman.

Interpreter

Fitur Interpreter memungkinkan dua orang lakukan pembicaraan secara segera di dalam dua bhs yang berbeda, jikalau Korea dan Inggris. Nantinya, pembicaraan dapat diterjemahkan secara instan via penampilan split-screen terhadap perangkat.

Fitur AI interpreter bisa ditemukan di panel Quick Access. Pengguna dapat menyaksikan ikon interpreter. Ketika di klik, pengguna dapat menyaksikan dua jendela spilt-screen.

Masing-masing split-screen bisa diatur cocok bhs orang yang sedang berbicara. Pengguna bisa mengetuk ikon mikrofon selanjutnya berkata di dalam bhs ibunya.

Nanti, fitur Interpreter dapat menulis transkrip apa yang dibicarakan pengguna. Kemudian ucapan pengguna itu diterjemahkan ke bhs ibu berasal dari lawan bicara.

Fitur ini berfaedah bagi pengguna yang bepergian ke luar negeri dan mesti berkata bersama dengan warga lokal. Misalnya, saat pengguna memesan makanan di kafe/restoran, menanyakan arah jalan, atau bahkan saat pengguna mesti belajar/bekerja di area bersama dengan bhs yang asing.

Yang menarik, fitur Interpreter ini adalah AI on-device. Artinya, pengguna bisa mengfungsikan fitur Interpreter secara segera di ponsel, bersama dengan mengakses jendela “Quick Access”.

Karena on-device, semua pembicaraan diproses di ponsel segera dan tidak membutuhkan jaringan seluler/ internet. Pantauan kami, Interpreter juga bisa menangkap ucapan pengguna, mentranskrip, selanjutnya menerjemahkan bersama dengan cepat dan tepat.

Chat Assist

Chat Assist menawarkan opsi terjemahan, petunjuk style penulisan teks, sampai perbaikan ejaan dan tata bhs terhadap teks di Google Message, WhatsApp, dan e-mail.

Fitur ini ada lewat Samsung Keyboard. Nantinya, pengguna dapat menyaksikan ikon bintang khas Galaxy AI di sebelah ikon smile.

Ketika diklik, pengguna dapat menyaksikan tiga opsi Chat Assist di layar, yakni Chat translation (terjemahan pesan), Writing tipe (gaya penulisan), sampai ejaan dan tata bahasa.

Ketika pilih opsi Chat Translation, pengguna bisa menerjemahkan isikan chat berasal dari pengirim yang mengirim chat bersama dengan bhs asing.

Opsi Writing tipe memberi tambahan pengguna petunjuk penulisan untuk kata-kata yang mengidamkan dituliskan pengguna sebagai balasan. Misalnya, pengguna mengidamkan menuliskan “where are you? (dimana kamu?)” di kolom chat.

Nantinya, fitur Chat Assist dapat memberi tambahan petunjuk style penulisan profesional, kasual, sopan, bersama dengan emoji. Bila petunjuk dirasi cocok, pengguna tinggal mengeklik menu “copy” (salin) atau “insert” (sisipkan) untuk style penulisan tertentu.

Generative edit untuk foto

Samsung telah lama menerapkan teknologi AI untuk foto di ponsel Galaxy S-series. Misalnya, adanya fitur object eraser (penghapus objek), shadow remover (penghapus bayangan), sampai remaster foto.

Namun, Samsung S24 series membawa Generative Edit, fitur edit foto yang lebih fresh dan mumpuni. Dengan Generative Edit Galaxy AI, pengguna Galaxy S24 series bisa menyelamatkan foto jadi yang diakui buruk sebab angle tak pas, posisi subjek tak pas, sampai objek yang mengganggu.

Untuk sesuaikan angle, pengguna biasanya memutar, menggeser foto supaya angle pas. Namun, masalahnya, kadang, ada latar belakang foto yang senang tak senang terpotong. Di sinilah peran Generative edit, fitur ini bisa isikan “kekosongan” di latar belakang bersama dengan AI generatif.

Generative AI juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan dan juga membesarkan/mengecilkan objek di di dalam sebuah foto jadi.

Note Assist

Note Assist bisa memicu ringkasan, terjemahan, dan memperbaiki ejaan terhadap catatan di aplikasi Samsung Notes. Ada juga opsi “Auto format” di mana Galaxy AI dapat mengubah format catatan pengguna jadi wujud poin-poin atau format notulen meeting.

Note Assist juga mengfungsikan teknologi AI memicu cover yang berikan preview singkat untuk tiap catatan.

“Ketika merekam atau memicu transkrip berasal dari audio, Galaxy AI bisa mendeteksi bhs yang tidak sama di dalam satu rekaman audio, selanjutnya memicu ikhtisar berasal dari apa yang sedang dibicarakan,” ujar Heejin Chung, Software R&D Samsung.

Heejin juga menyebutkan bersama dengan fitur Note Assist di Galaxy S24 Series dan S Pen, daftar poin-poin perlu di dalam sebuah rapat bisa dibuat, dirangkum, dan dibagikan bersama dengan mudah.

Transcript Assist

Transcript Assist, teknologi AI ini memungkinkan Samsung S24 Ultra mentranskrip rekaman nada secara verbatim atau kata per kata. Transcript Assist ini juga bisa merangkum dan menerjemahkan rekaman suara.

Fitur ini bekerja secara on-device. Pengguna cukup mengakses aplikasi voice recorder di Galaxy S24 series. Kemudian merekam audio. Selanjutnya, buka hasil rekamanan audio dan pilih opsi “Transcribe”.

Browsing Assist

Samsung juga menghadirkan fitur Browsing Assist di browser bawaan Samsung, “Internet”. Pengguna bisa meringkas dan menerjemahkan teks di suatu web web secara instan.

Saat ini, fitur Galaxy AI ini baru menunjang beberapa bhs di antaranya bhs Korea, Inggris, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, China.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan, fitur Galaxy AI di atas rencananya dapat menunjang bhs Indonesia terhadap kuartal dua (April-Juni) mendatang.