• Mei 23, 2024

Indosat Beberkan Alasan Masih Pertahankan Jaringan 2G

Indosat Ooredoo Hutchison menyebut bakal terus ekspansi untuk memperluas jaringan BTS 4G pada tahun 2024 ini. Dalam media update usai Rapat Biasa Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Indosat juga mengungkapkan data seputar jumlah BTS yang sekarang mereka kelola untuk melayani 100,8 juta pelanggannya.

Pada tahun 2022, Indosat memiliki lebih dari 180 ribu BTS 4G yang mayoritasnya adalah BTS 4G. Meski konsentrasi untuk memaksimalkan jaringan 4G, Indosat juga tetap mempertahankan BTS 2G mereka. Tahun hal yang demikian, Indosat tercatat memiliki 40 ribu BTS 2G.

Bukannya berkurang, data yang diperlihatkan Indosat mengungkapkan sekiranya jumlah BTS 2G mereka sepanjang 2023 meningkat 10.000 unit menjadi 50.000 BTS 2G.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh membeberkan bahwa Indonesia ini bukan cuma terdiri dari Jakarta dan Pulau Jawa, masih ada banyak orang-orang di pedesaan yang memiliki smartphone melainkan tidak mendukung jaringan 4G.

Ritesh mengatakan, dari pelbagai pelanggan demo slot mahjong ways 2 Indosat, ada pula mereka yang memakai smartphone melainkan belum dijangkau layanan 4G.

Penuhi Keperluan Pelanggan yang Belum Kebagian Layanan 4G

Oleh karenanya, ketika membuat panggilan tidak dapat panggilan berbasis dunia online, melainkan perlu jaringan 2G cuma untuk panggilan. Kami memang mematikan jaringan 3G, dan bukan 2G, karena masih ada pelanggan yang memang memakai layanan telepon 2G,\\” kata Ritesh.

Lebih lanjut, alasan Indosat masih menambah jumlah BTS 2G pada 2023 ketimbang 2022 adalah untuk mendukung sejumlah pelanggan Indosat di area perdesaan dan area terpencil.

Indosat malah bukan tidak berharap membawa transport dunia online ke wilayah perdesaan, melainkan dikatakan oleh Ritesh, ada sejumlah tantangan untuk menghadirkan jaringan 4G ke desa. Oleh karenanya, demi melayani pelanggan telepon, BTS 2G tetap dipertahankan sembari menunggu kehadiran 4G.

Konsentrasi Indosat Bangun Jaringan di 2024: 4G, 2G hingga 5G.

Sementara itu, Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung mengatakan Indosat berhasrat untuk mengkover lebih banyak area, khususnya di pedesaan dan Indonesia Timur dengan jaringan telekomunikasi.

\\”Teknologi kami mungkin akan ada yang 2G (untuk menjangkau wilayah yang sulit dikover BTS 4G dan fiber optik), melainkan terbanyak kami akan menggulirkan layanan 4G,\\” katanya.

Saat ini, kata Desmond, Indosat memusatkan pada keperluan pelanggan serta perangkat yang banyak diaplikasikan di sebuah tempat.

\\”Jadi, jaringan 2G tetap dipertahankan di sebagian tempat yang masih memerlukan, pembangunan utama di jaringan 4G, dan pembangunan 5G masih menunggu hukum pemerintah,\\” katanya.