• Januari 9, 2024
marteen paes

Maarten Paes Dinaturalisasi Indonesia, Saat Pamitan Keluarganya…

Kiper FC Dallas Maarten Paes meningkatkan daftar pemain keturunan yang akan dinaturalisasi Indonesia. Momen ini disambut baik keluarganya.

Kiper berusia 25 tahun itu telah berada di Jakarta, Indonesia. Sebagai step awal naturalisasinya, ia menemui Ketum PSSI Erick Thohir, Senin (8/1/2024) malam WIB.

Diungkapkan Erick Thohir, Paes pamitan dengan keluarganya sebelum akan terbang ke Indonesia untuk sistem naturalisasi. Keluarganya menopang penuh keinginan Paes untuk membela tanah leluhurnya yang sudah terkenal dengan permainan dari slot https://arsaresidencekarawang.com/.

“Maarten Paes jauh-jauh berasal dari Dallas berasal dari Amerika Serikat, kiper utama FC Dallas. Ketika dia ketemu neneknya, orang tuanya, untuk pamitan memperkuat tim Indonesia. Nangis keluarganya,” kata Erick Thohir kepada wartawan.

“Artinya apa? Ini kami membangun momentum besar, kami memiliki generasi emas U-22 ke bawah, generasi emas nih, tempo hari juara SEA Games, dilengkapi banyak pemain muda diaspora yang menghendaki gabung,” ujarnya menambahkan.

Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998, dengan memiliki darah Indonesia berasal dari neneknya. Ia memulai karier profesionalnya dengan tim kampung halamannya yakni NEC Nijmegen pada 2016. Di klub itu Paes belum beroleh peluang main di level top untuk tim senior. Ia sesudah itu ubah ke FC Utrecht dan mencatat 44 kali tampilan di liga (Eredivisie dan Eerste Divisie) berasal dari 2018-2022.

Karena menghendaki beroleh menit bermain lebih, Paes pun akhirnya hijrah ke Amerika Serikat dengan bergabung ke Dallas yang merupakan peserta Major League Soccer (MLS). Di klub ini ia tampil memadai kerap dan sejak musim 2023 telah menjadi kiper utama tim.

Salah satu highlight-nya berasal dari musim 2023, Paes berkesempatan berhadapan dengan Lionel Messi selagi timnya jumpa Inter Miami di League Cup. Sayang Paes dibobol tiga kali oleh La Pulga; dua gol selagi normal dan satu kali didalam adu penalti.

Sementara untuk pengalaman internasional, Maarten Paes pernah menjadi anggota tim Belanda kelompok usia. Belanda U-19, U-20, dan U-21 adalah tim-tim yang pernah diperkuatnya didalam rentang selagi 2016 – 2019.