• Mei 14, 2024

Pemprov Jakarta Lantas Bahas Profesi Pengganti untuk Juru Parkir Liar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan seketika membahas berhubungan dilema profesi substitusi untuk juru parkir (jukir) liar di kawasan Jakarta.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan membahas dilema hal yang demikian dengan Dinas Kekuatan Kerja.

Ya nanti dengan dinas daya kerja kan kita dapat pikirkan ya (profesi substitusi untuk juru parkir liar), bagus terima kasih,\\” kata Heru, dikutip Selasa (13/4/2024).

Heru juga telah minta jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk menertibkan juru parkir liar di Jakarta secara manusiawi.

\\”Saya telah minta Dinas Perhubungan slot spaceman dengan trantib untuk menjalankan penertiban secara manusiawi ya,\\” sebutnya.

Heru mengungkapkan, penertiban terhadap jukir liar harus dikerjakan. Karena, Heru tidak berkeinginan eksistensi jukir liar meresahkan warga.

\\”Artinya, perlu kita biarkan mereka (jukir liar) tapi jangan meresahkan masyarakat, masyarakat berkeinginan berprofesi membangun ekonomi Jakarta,\\” sebut Heru.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, oknum jukir yang sering kali memaksa warga bayar parkir dikala di minimarket masuk tindak pidana ringan. Dishub DKI dapat menjalankan sidang di lokasi kejadian untuk menindak jukir liar.

\\”Ini yang sedang kami koordinasikan untuk menjalankan penegakan hukum, dimana dari hasil diskusi, kegiatan ini masuk dalam kegiatan tindak pidana ringan risikonya,\\” kata Syafrin terhadap wartawan, dikutip Kamis (9/5/2024).

\\”Maka kami akan koordinasikan juga, tidak hanya dari Satpol PP tapi juga rekan-rekan pengadilan dan juga dari kejaksaan untuk bersama-sama turun menjadi satu regu untuk sidang di daerah,\\” sambung Syafrin.

Dishub Jakarta Sebut Jukir Liar Patok Rp150 Ribu di Sekitar Masjid Istiqlal Sudah Ditangkap

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, juru parkir (jukir) liar di sekitar Masjid Istiqlal yang mematok tarif parkir Rp150 ribu terhadap pengendara telah dicokok oleh kepolisian Jakarta Pusat.

\\”Jadi untuk parkir liar di sekitar istiqlal kemarin rekan-rekan dari Polres Jakpus telah lakukan perbuatan, dan telah diamankan yang bersangkutan. Memang benar dalam video hal yang demikian itu yakni yang bersangkutan dan diamankan oleh rekan-rekan dari Polres Metro Jakpus,\\” kata Syafrin terhadap wartawan, Senin (13/5/2024).

Menurut Syafrin satu orang jukir liar di sekitar Masjid Istiqlal telah dicokok atas kejadian hal yang demikian. Jukir liar yang dicokok itu masih dalam pengerjaan penyelidikan oleh kepolisian Jakarta Pusat.

Satu orang yang diamankan. Itu sedang dalam penyelidikan, kita tunggu alhasil,\\” sebut Syafrin.

Syafrin menyebut, penindakan terhadap jukir liar khususnya yang berada di minimarket tengah dipersiapkan.

Wujud Tim Gabungan
Syafrin bilang juga bakal dibentuk regu gabungan berprofesi sama dengan jajaran Satpol PP, kepolisian, kejaksaan hingga pengadilan negeri untuk menindak jukir liar. Dengan demikian, ia berkeinginan penertiban jukir liar bakal optimal.

\\”Kami harapkan ini dapat kasih efek jera sehingga pembinaan yang selama ini dikerjakan secara persuasif ini dapat ditindaklanjuti dengan pemberian sanksi sebab itu komponen dari tindak pidana ringan, itu yang akan kita jalankan,\\” kata ia.

Dikala ini, lanjut Syafrin jadwal penindakan sedang dibahas bersama pihak berhubungan. Jadwal, kata Syafrin bakal disajikan berakhir pembahasan rampung dikerjakan.