• Mei 31, 2024

PGN Pakai Teknologi AI untuk Tekan Emisi, Ini Caranya

Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau teknololgi Artificial Intelligence (AI) untuk menekan emisi karbon, hal ini mendorong upaya pemerintah dalam menekan laju pemanasan global.

Direktur SDM dan Pendukung Bisnis PGN Rachmat Hutama mengatakan, dalam upaya menekan emisi karbon, PGN berprofesi sama dengan Plasticpay meluncurkan penemuan Reverse Vending Machine (RVM) untuk memudahkan konsumen berpartisipasi dalam mengurangi sampah botol plastik merk apa saja. Lewat RVM ini, pengembalian kemasan botol air minum dalam kemasan bekas pakai bisa dijalankan secara praktis dan permanfaat.

Kerja sama ini meningkatkan upaya perusahaan dalam pengelolaan limbah sampah plastik dengan lebih baik lagi dan turut aktif dalam program spaceman demo dekarbonisasi menuju Net Zero Emission 2060,” kata Rachmat, Kamis (30/5/2025)

RVM PGN x Plasticpay menerapkan teknololgi Artificial Intelligence (AI) dalam pengembalian kemasan air minum yang mengenai berbagai format kemasan yang dikembalikan. Pengumpulan sampah botol plastik lewat RVM PGN x Plasticpay ini juga bagian program ESG guna mendorong SDGs no 11 Sustainable Cities and Communities, SDGs no 12 Responsible Consumption and Production serta SDGs no 14 Life Below Water dan SDGs no 17 Partnership for the Goals diimplementasikan pada tahun 2024.

Ia mengucapkan bahwa bisnis perusahaan diselaraskan dengan strategi dan konsentrasi keberlanjutan pada aspek ESG dengan prioritas pada kepedulian lingkungan. Langkah ini bisa direalisasikan dari hal-hal kecil. Maka beriringan dengan peringatan Hari Bumi tahun ini, PGN mendorong kesadaran untuk mengurangi sampai plastik. Dalam keseharian, pemakaian plastik tidak bisa dihindari tapi bisa dikelola dengan lebih bijaksana.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor migas, PGN mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga lingkungan. Dalam aksi kongkretnya, PGN ingin kepedulian lingkungan bisa dipakai di semua lini operasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. PGN mengapresiasi, Plasticpay bisa menyediakan sarana dengan teknologi yang modern untuk daur ulang sampah botol plastik,” ujar Rachmat.

Pengembalian Botol RVM PGN x Plasticpay

Pengembalian botol RVM PGN x Plasticpay bisa dijalankan pertama-tama dengan mendownload dan register aplikasi Plasticpay di Google Play dan App Store. Berikutnya, botol dimasukkan ke dalam RVM dan mesin akan menghitung deposit botol secara otomatis.

Sesudah menuntaskan transaksi, scan QR Code menerapkan aplikasi Plasticpay. Konsumen akan mendapatkan Plasticpay points yang bisa ditukarkan dengan e-wallet, bank account, voucher, dan sebagainya.

Imam Pesuwaryantoro selaku ESG, PR, Corporate Communications, PT Plasticpay Teknologi Daurulang memperkenalkan apresiasi setinggi-tingginya berhubungan kerjasama strategis antara PGN x Plasticpay dalam rangka percepatan serta akselerasi Dekarbonisasi Indonesia Net Zero Emission 2060. Pihaknya sangat percaya kerjasama strategis ini akan banyak memberikan akibat sosial, ekonomi dan lingkungan yang inklusif.

“Seluruh kemasan air minum dalam kemasan bekas pakai yang terkumpul secara rutin akan dikelola untuk didaur ulang kembali oleh Plasticpay bekerjasama dengan mitra UMKM binaan. Kemudian akibatnya bisa dijual kembali dan menjadi bagian dari perputaran ekonomi antara pelaku usaha, pengguna produk dan sampah plastik yang bisa kembali menjadi modal usaha,” pungkas Imam.