• Mei 16, 2024

Reaksi 10 Pemimpin Dunia Terkait Kasus Penembakan PM Slovakia Robert Fico

Para pemimpin dunia mengutuk serangan kepada Perdana Menteri Slovakia Robert Fico, yang berada dalam kondisi mengancam nyawa sesudah ditembak.

Perdana menteri ditembak berkali-kali pada Rabu (15/5/2024) dalam upaya pembunuhan, kata sebuah pernyataan di halaman media sosial resminya.

Pemimpin berusia 59 tahun itu ditembak sbobet bola di komponen perut di pusat kota Handlova. Polisi menutup daerah kejadian, dan seorang tersangka sudah ditahan, berdasarkan laporan media setempat.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Joe Biden mengutuk penembakan itu sebagai tindakan kekerasan yang menakutkan, dan menambahkan bahwa dia dan ibu negara Jill Biden berdoa agar pemulihan segera terjadi, dan rasa kesedihan kami tertuju pada keluarganya dan rakyat Slovakia.

Presiden Rusia Vladimir Putin
Putin mengatakan, serangan itu yakni kriminal yang menakutkan.

“Tidak ada pembenaran atas kriminal menakutkan ini. Saya mengetahui Robert Fico sebagai pria yang berani dan berpikiran kuat. Saya amat mau kualitas ini akan membantunya bertahan dalam kondisi susah ini,” kata Putin.

Pemimpin Rusia itu mendoakan Fico kencang pulih sepenuhnya.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres
Guterres mengecam serangan mengagetkan yang dikerjakan hari ini kepada perdana menteri Slovakia.

“Pikiran Guterres tertuju pada perdana menteri dan orang-orang yang dicintainya pada saat susah ini”, kata juru bicara Guterres, Farhan Haq.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen
“Saya mengutuk keras serangan keji kepada Perdana Menteri Robert Fico. Perbuatan kekerasan seperti itu tak mempunyai daerah dalam masyarakat kita dan melemahkan demokrasi, kebaikan bersama kita yang paling berharga. Pikiran aku tertuju pada PM Fico dan keluarganya,” kata von der Leyen.

Presiden Prancis Emmanuel Macron
Macron mengatakan, di media sosial bahwa dia kaget dengan serangan itu.

“Kaget dengan penembakan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico. Saya mengutuk keras serangan ini,” katanya.

“Pikiran dan solidaritas aku tertuju padanya, keluarganya, dan masyarakat Slovakia.”