• November 3, 2022

Siaran Analog Dimatikan, Menkominfo: Migrasi ke TV Digital Hasilkan Dividen 77 T

Dikabarkan paling lambat tanggal 2 November 2022 siaran TV analog atau Analog Switch Off akan diakhiri oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. ASO berakhir sesuai denga ketentuan pada Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 mengenai Cipta Kerja Pasal 78 Angka 3 Sektor Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (Postelsiar) yang akan mulai dilakukan secara bertahap dari tanggal 30 April 2022 lalu.

Rosarita Niken Widiastuti selaku Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia di tanggal 2 November 2022 untuk siaran TV analog akan dimatikan.

“Jadi untuk beralih ke siaran TV Digital dengan cara yang sangat mudah yakni tinggal menambahkan alat yang namanya set top box yang ditambahkan ke perangkat TV Analog. Jadi TV Analog bisa layar datar yang belum digital atau TV tabung maka masyarakat dapat menikmati siaran TV Digital,” Ucap Rosarita Niken Widiastuti pada Minggu (20/10).

Ia menjelaskan juga bahwa siaran TV Digital bukan yang merupakan TV berlangganan atau langganan bulanan, karena kita hanya perlu membeli set top box yang sudah tersertifikasi oleh Kominfo RI sekali, lalu kita dapat menonton televisi seperti biasa secara gratis. Untuk rumah tangga miskin ekstrem akan mendapatkan bantuan berupa set top box secara gratis dari lembaga penyelenggara infrastruktur multipleksing (MUX).

Jika set top box yang disediakan mengalami kekurangan, maka akan ditambah oleh peerintah, sehingga seluruh rumah tangga miskin akan mendapatkan set top box secara gratis. Pada wilayah-wilayah tertentu sampai saat ini distribusi set top box masih belum selesai, sehingga penutupan siaran TV analognya masih akan disesuaikan dengan kesiapan wilayah tersebut.

Sementara untuk wilayah yang distribusi set top box bantuan ini belum merata dan masih dalam proses akan belum ditutup. Tapi nanti sudah 100 persen tentu akan segera ditutup siaran TV Analognya,” Ujar Niken.

Niken juga menghimbau kepada masyarakat yang mampu untuk segera membeli set top box sehingga dapat menyaksikan siaran dengan kualitas yang lebih baik, suara lebih jernih, dan bagus gambarnya.

Sosialisasi mengenai perpindahan dari TV analog ke TV Digital sebenarnya sudah dilakukan oleh Kominfo lebih dari satu tahun dengan beragam event yang melibatkan masyarakat secara luas, sehingga kabar mengenai hal ini tersampaikan secara massif.

“Seperti pagi ini diacara Car Free Day (CFD) yang digelar secara serentak di 20 kota seluruh Indonesia. Jadi kami datang ke masyarakat, mengundang masyarakat untuk kegiatan bersama-sama sekaligus sosialisasi penghentian siaran TV Analog,” ungkapnya.